https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII G SMPN 1 AMBAL | Mujiati | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII G SMPN 1 AMBAL

Sakti Mujiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar matematika melalui pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VIII G SMPN 1 Ambal . Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang didesain sesuai dengan model spiral yang memuat siklus-siklus yang setiap siklusnya terdiri 4 tahapan yaitu merencanakan, melakukan, mengamati dan menganalisis. Subyek penelitian siswa kelas VIII G SMP N 1 Ambal.  Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket,  dan tes tertulis. Peningkatan keaktifan diperoleh dari data hasil observasi dan angket peningkatan prestasi diperoleh dari tes tertulis. Perolehan data dianalisis menggunakan tehnik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data prasiklus menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika baru mencapai 49,84% dan prestasi belajar 62,53 . Sedangkan hasil tindakan pada siklus I dan II menunjukkan bahwa (1) keaktifan meningkat dari 69,12% menjadi 77,94%. (2) Prestasi belajar matematika meningkat dari 67,58  menjadi 77,78. Maka disimpulkan bahwa melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VIII G SMPN 1 Ambal.

Kata kunci: keaktifan, prestasi, Quantum Teaching


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.